Sukses Pemilu, KPU Provinsi Sumbar Gelar Simulasi di Istano Pagaruyung

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kegiatan pengucapan sumpah anggota KPPS, Pembukaan perlengkapan pemungutan suara, Penjelasan mengenai pelaksanaan pemungutan suara, Perhitungan surat suara.

Sampai mengatasi konflik yang terjadi saat berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu), adalah rangkaian Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilih Serentak 2019 yang digelar di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Rabu (3/4) kemaren.

Aktivitas itu dilaksanakan KPU (Komisi Pemilihan Umum ) Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, merupakan sarana edukasi bagi masyarakat dalam melaksanakan Pemilu, Rabu 17 April 2019 depan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengemukan, simulasi sangat penting bagi masyarakat telah memiliki hak pilih yang memudahkan masyarakat melaksanakan pemilu tanpa ada kesulitan sesuai prosedur.

Epi

Kita telah peragakan simulasi ini berdampak positif bagi masyarakat pemilih dan terima kasih memilih Istano Basa Pagaruyung sebagai lokasi penyelengaraannya. “Diharapkan masyarakat tidak golput saat penyelengaraan Pemilu 2019, meliputi pemilihan Presiden, Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” tekan Bupati Irdinansyah sembari mengatakan satu suara dapat menentukan masa depan Bangsa.

Seterusnya Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat Anesmen mengatakan pemilihan kali ini mengunakan surat 5 lembar dengan berbagai warna. Abu-abu untuk pemilihan Presiden  dan Wakil Presiden, warna Kuning untuk DPR RI, warna Merah untuk pemilihan DPD RI, Warna Biru untuk pemilihan DPRD Propinsi dan Hijau untuk pemilihan DPRD Kabupaten dan Kota.

Khusus lampiran foto hanya ada di surat suara Presiden, Wakil Presiden dan DPD RI, sedangkan  bagi penyandang disabilitas pemandu  diperbolehkan sampai diluar bilik suara dengan waktu pemilihan pukul 7.00 WIB s.d 13.00 WIB.

Sementara, Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi disamping Simulasi dilaksanakan sosialisasi Pemilu untuk terpacapainya target partisipasi pemilih yang ditetapkan KPU Republik Indonesia 77,5 persen.

Simulasi dihadiri Forkopimda Tanah Datar, KPU kabupaten-kota se Sumatera Barat, Latamal II Padang, Korem 032 Wirabraja, Kepala Kesabangpol Tanah Datar Irwan, Jajaran TNI-Polri dan undangan. habede.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.