Dibuka Menteri P dan K RI, Pagelaran SISSCa 2019 Meriah

1564

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Pagelaran Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnaval (SISSCa) yang berlangsung sejak tanggal 6 hingga 8 September 2019di Kota Sawahkunto, Sumatera Barat, meriah.

Bahkan pagelaran SISSCa itu lebih meriah dari tahun-tahun yang lalu. Indahnya mahakarya anak negeri yang ditampilkan dalam beragam rancangan kostum kreatif, unik, dan megah yang bercirikan beragam suku dan budaya Nusantara bagaikan sebuah ‘Indonesia kecil’ yang hadir di tengah-tengah Kota Sawahlunto.

Songket Silungkang beragam warna dan motif mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang harganya super premium ada disini. Juga songket celup alam yang sedang trending. Selain songket, beragam kerajinan hasil karya seniman-seniman Sawahlunto dan aneka cemilan khas Sawahlunto juga bisa ditemui di expo ini.

“SISSCa kali ini lebih meriah dibandingkan dari tahun-tahun yang lalu,” ucap Nelly salah satu pengunjung.

Karnaval yang tercatat dalam rekor MURI ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB Minggu (8/9/2019) pagi dengan start di Lapangan Ombilin – terminal kota dan berakhir di Lapangan Segitiga, dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, SISSCa kali ini disemarakkan dengan penampilan peserta pertukaran pemuda dari mancanegara yakni dari Singapore, Korea, Malaysia, Malagasi, Thailand, Hamburg, Phnompen dan Jepang. anton saputra
editor; saptarius