Panjang Enam Meter, Hiu Tutul Kembali Terdampar di Pantai Pesisir Selatan

195

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Ikan Hiu jenis Tutul kembali terdampar di pantai Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tepatnya berada di Pantai Transidano Nagari Taluak, Kecamatan Batangkapas. Hiu itu ditemukan Sabtu pagi (19/10/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Sebelum terdampar, ikan Hiu Tutul ini terjerat oleh jaring nelayan tradisional pagi tadi, setelah dilepaskan dari jaring, ikan hiu tersebut tetap kembali ke tepi pantai,” sebut Fauzan warga setempat.

Fauzan menyampaikan, ia telah berupaya untuk kembali mendorong hiu ke tengah bersama nelayan setempat. Tapi, hasilnya ikan terus kembali ke tepi pantai.

“Sudah empat kali kami dorong ke tengah, tapi ikan tetap kembali ke tepi pantai. Padahal tadi ikan masih dalam keadaan hidup,” ucapnya.

Lanjutnya Fauzan mengatakan, Hiu tersebut diperkirakan memiliki berat sekitar 1 ton dan panjang 6,3 meter, dan saat ini kondisi hiu sudah mulai lemah dan hampir mati. “Ikan hiu itu masih hidup. Tetapi kelihatannya, hiu itu memang tidak mau lagi kembali ke tengah,” ujarnya.

Sementara itu Sawalludin dari Pemerintah Kecamatan Batangkapas mengatakan, dirinya, telah melaporkan kejadian ini ke Dinas Perikanan Pessel. Langkah apa setelah ini yang akan diambil.

“Kita sekarang masih menunggu petunjuk orang Dinas, apakah dikuburkan disini atau tetap dikembalikan ketengah,” singkat Kasi Trantib.

Hingga Berita ini di turunkan warga sudah ramai melihat fenomena ini. (Rega Desfinal)