BREAKING NEWS; Longsor dan Sungai Meluap, Jalinsum Kiliran Jao – Teluk Kuantan Lumpuh Total

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Akibat hujan lebat disertai angin kencang sepanjang Selasa (14/4/2020) dini hari sekitar pukul 24.15 WIB,menyebabkan jalan lintas sumatera (Jalinsum) Kiliran Jao – Teluk Kuantan (Riau) tertimbun longsor.

Badan jalan yang tertimpa longsor itu berada di wilayah Jorong Batang Talang, Nagari Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung, Sumatera Barat.

Menurut informasi yang dirilis Paur Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul, menyebutkan, material longsor yang menutupi badan jalan, membuat arus lalu lintas kedua jalur di jalan lintas Kiliran Jao – Teluk Kuantan KM 1 s/d KM 2 itu tertutup total.

Menurut informasi, hingga kini tidak satupun kendaraan yang bisa melewati jalan tersebut.

PERANTAU SIJUNJUNG

Kemacetan arus lalu lintas tidak hanya diakibatkan oleh material tanah, tetapi juga akibat tumbangnya pohon di tebing jalan yang menutupi jalan.

“Kita perkirakan arus lalu lintas baru bisa kembali normal sekitar pukul 11.00 WIB nanti, karena banyaknya material tanah di empat titik longsor, ditambah pepohonan yang tumbang, serta alat berat yang belum tiba, jelas akan memakan waktu yang tidak sedikit,” sebut Ajo Nasrul dalam rilisnya.

Disebutkan Nasrul, hujan lebat tidak hanya mengakibatkan longsor dan kayu tumbang saja, tetapi juga membuat batang sungai Tambang meluap hingga ke badan jalan Lintas Kiliran Jao – Teluk Kuantan, tepatnya di KM 4, Jorong Sungai Tambang II, Nagari Kunangan Parik Rantang (Kunpar), Kecamatan Kamang Baru

“Luapan batang Sungai Tambang hingga menggenangi jalan, namun masih bisa dilewati kendaraan, dan tindakan yang kita lakukan adalah berkoordinasi dengan Wali Nagari setempat untuk bisa mendatangkan alat berat untuk membersihkan material longsor,” tuturnya.ajo nas/hen

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.