Kelangkaan di UNP Teratasi, FMIPA Produksi Hand Sanitizer

155

JURNAL SUMBAR | Padang— Wabah virus corona atau COVID-19 telah menyebabkan kelangkaan masker, antiseptik pembersih tangan atau Hand Sanitizer. Untuk kelangkaan sanitizer dipasaran dan memenuhi kebutuhan internal lingkungan kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahua Alam(FMIPA) berencana dalam pekan ini memproduksinya.

“Awal pekan ini produksi hand sanitizer akan dibagikan kepada unit-unit dan fakultas yang ada di UNP,’ ujar Dekan FMIPA Dr. Yulkifli, Senin (13/4).

Dijelaskannya, pembuatan hand sanitizer ini dilakukan di laboraturim FMIPA UNP Program studi Biologi dengan melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa. Untuk segala proses produksi pembuatan hand sanitizer ini telah dipersiapkan dan disesuaikan dengan standar yang telah di tetapkan oleh WHO dan Pemerintah.

Selain itu, dikatakan Yulkifli, produksi hand sanitizer ini merupakan salah satu upaya dari timsatgas Covid-19 UNP dalam membantu mengurangi dan mencegah penyebaran Covid-19. Pembuatan hand sanitizer ini mendapat dukungan penuh dari para pimpinan UNP dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Ia menghimbau civitas akademika UNP untuk tetap menjaga kesehatan terutama dalam hal mencuci tangan. Dengan hanya mengandalkan hand sanitizer tetapi tidak melakukan cuci tangan tentu akan membuat kuman dan bakteri akan berkembang di tangan. (Agusmardi/Humas UNP).