Legislator Dedi Irawan Minta Pemkab Tanah Datar Fokus dan Serius Tanggulangi Covid-19

203

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar – Ketua fraksi partai Golkar kabupaten Tanah Datar Dedi Irawan meminta pemerintah daerah dan tim gugus tugas penanggulangan Covid 19 untuk menyiapkan strategi karena bencana ini perlu perhatian dan penanganan yang serius.

Pernyataan tersebut disampaikan Dedi Irawan kepada media ini, Minggu (19/04) melalui sambungan telepon. Dia berharap Pemda dan semua elemen pemerintah harus fokus dan serius menanggulangi Covid 19.

“Ini masalah yang sangat serius. Dan tentu pula harus penanganan yang serius dan fokus dalam menyelesaikan masalah ini,”tutur Dedi Irawan.

Dia menjelaskan, untuk menangani masalah tersebut perlu startegi dan langkah-langkah yang terukur. Oleh karena itu, Dedi meminta Pemda untuk membuat kajian yang mendalam, sehingga penanganan tersebut tepat sasaran dan tidak menyelesaikan masalah. Termasuk soal realokasi dan anggaran yang dibutuhkan dalam menangani masalah bencana Covid.

Apalagi, lanjut dia, dalam waktu dekat PSBB akan diterapkan oleh Pemprov Sumbar. Untuk itu Pemda harus mengkalkulasikan kebutuhan dan menjamin ketersedian pangan hingga tiga bulan kedepan.

“Kita minta Pemda dan tim gugus tugas untuk membuat semacam road map atau startegi yang matang dalam menghambat penyebaran virus ini dan soal anggaran yang dibutuhkan,” urai politisi Golkar itu.

Dalam soal kebutuhan anggaran, Dedi mendukung penuh usulan yang akan diajukan pemerintah daerah Tanah Datar dalam rapat badan anggaran sebesar 60 miliar rupiah.

“Untuk tahap awal kita rencanakan Rp 60 miliar. Andaikan anggaran tersebut masih kurang bisa juga ditambah dan tentu semuanya atas persetujuan anggota dewan,” jelas ketua BMK Kosgoro tersebut.
Dedi pun meminta seluruh stake holder kabupaten Tanah Datar, baik pemerintah maupun DPRD dan seluruh pemangku kepentingan melakukan kerja keras dalam menanggulangi bencana Covid 19 ini.

“Dan menjadikan kemanusian sebagai skal prioritas sebagai bentuk dari menjalankan amanah UUD 1945 dan sebagai tujuan hidup berbangsa dan bernegara,”demikian paparan Dedi Irawan. Jefri