Peduli Covid-19, IKRAR Sedunia Bantu Masyarakat dan Pedagang dengan Sistim Kupon

159

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dalam Milad ke-7 tahun Ikrar ( Ikatan Keluarga Rao-Rao ) Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar berdomisili di seluruh  Indonesia dan luar negeri  melaksanakan kegiatan sosial, yakni, pemberian kupon belanja sembako bagi masyarakat dan pengunjung pasar nagari Rao-Rao.

Aktivitas yang diberi nama Anniversary 7 Tahun IKRAR Sedunia Sumarak Balai Sotu itu, Kamis (21/5/20) langsung dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, S.H, Kepala Dinas Koperindag Darfizal, Camat Sungai Tarab Afrizal Ayah , Forkopimca dan Wali Nagari Rao-Rao di Pasar Rao-Rao.

Dones Komando Lapangan IKRAR Sedunia Rao-Rao mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat di kampung halaman khusus Nagari Rao-Rao yang terdampak pandemi corona virus.

Dalam kesempatan itu, dibagikan kupon belanja sembako gratis kepada masyarakat, tujuannya membantu masyarakat dan pedagang. Kupon itu digunakan  berbelanja kepada pedagang di Pasar Rao-Rao, dan kupon ditukarkan pedagang kepada panitia dan panitia akan membayar sebanyak belanja yang ada di kupon, sebut Dones.

Kupon yang dibagikan kepada masyarakat , ucap Dones tercatat 1.350 kupon yang diberikan sehari sebelum pasar digelar,  dan dapat ditukar  dengan 20 jenis kebutuhan bahan pokok kepada pedagang seterusnya pedagang menukarkan kupon dengan uang kepada panitia di posko.

Ditambahkan Dones, kupon berharga Rp.5.000,-  — Rp.45.000,-. Dan kupon itu juga digunakan membeli pebukoan , dan pembagian kupon hari Jum’at menjelang lebaran untuk memperoleh daging dari panitia digunakan sistim kupon.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengapresiasi  kegiatan sosial dengan sistim kupon belanja sembako IKRAR Sedunia yang dibagikan kepada masyarakat.

Zuldafri Darma menyebutkan IKRAR sudah banyak berbuat untuk kampung halaman dengan memberikan masker kepada masyarakat.Dan IKRAR Sedunia maupun BPIKRAR sudah menyerahkan bantuan ke Nagari Rao-Rao Rp.600 juta, berupa baju Hazmat, Thermogun untuk puskesmas, dan masker untuk masyarakat nagari Rao-Rao.

Dalam bidang pendidikan, kata Wabup, BPIKRAR juga memberikan beasiswa pendidikan rutin bagi anak-anak di Nagari Rao-Rao setiap bulannya sebesar Rp.28 juta kepada 75 orang pelajar sejak tingkat SD, SMP, SLTA dan Mahasiswa – habede.