31.488 Warga Sijunjung di 16 Nagari di Tujuh Kecamatan Usai Memilih, Pilwana Sukses dan Kondusif

489

Ketika Bupati dan Wabup, Sekdakab serta Forkopimda dan Kadis PMN Sijunjung memantau proses Pilwana

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 31.488 warga Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat di 16 nagari (satu desa-red) di tujuh kecamatan usai sudah memilih walinagari dalam Pilwana (Pemilihan Walinagari) yang berlangsung pada Rabu (7/4/2021).

Sama dengan Pilkada 2020, pelaksanaan Pilwana di 16 nagari di tujuh kecamatan dalam Kabupaten Sijunjung itu berjalan sukses, lancar dan kondusif. Itu semua karena mengedepankan Pilwana badusanak.

Pilwana yang berlangsung sukses dan kondusif itu langaung dipantau Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-Iraddatillah, Sekdakab Zefnihan, Kapolres Sijunjung, AKBP Andri Kurniawan, Kajari, Dandim dan unsur Forkopimda lainnya serta didampingi Kaadis PMN Sijunjung, Khamsiardi serra Kakan Kesbangpol Limas, David Rinaldo juga ikut memantau jalannya Pilwana di 16 nagari di tujuh kecamatan daerah itu.

Bupati-Wabup dan Sekdakab Sijunjung bersama unsur Forkopimda terlihat kompak mendatangi sejumlah TPS tempat berlangsungnya Pilwana.

“Alhamdallah, Pilwana di 16 nagari dan di tujuh kecamatan berlangsung sukses dan lancar. Itu semua tidak terlepas atas dukungan semua pihak dan pemilih serta para Calon Walinagari di 16 nagari itu. Serta berkat bantuan pihak keamanan baik Polri, TNI maupun unsur Pemkab hingga ketingkat nagari,”kata Kadis PMN Sijunjung bangga.

Disebutkan Ardi, begitu sapaan akrab Kadis PMN Sijunjung itu, bahwa sehari jelang Pilwana ( Selasa, 6/4/2021) pendistribusian logistik ke-16 nagari itu mendapat pengawalan ketat dari Polres Sijunjung dan juga berjalan sukses dan kondusif.

Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.IK.MH, merasa bangga atas sukses dan kondusifnya pelaksanaan Pilwana di 16 nagari di tujuh kecamatan itu.

“Kami ucapkan terimakasih pada semua pihak, terutama para calon walinagari yang berhasil menciptakan Pilwana badusanak dan masyarakat yang turut mensukseskan Pilwana yang kondusif diwilayah hukum Polres Sijunjung,”kata Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan melalui Paur Humas Polres Sijunjung, AKP Nasrul via telepon selularnya, Rabu (7/4/2021) malam.

Kepala DMPN Sijunjung, Khamsiardi, SSTP, M.Si didamping Kabid PemNag, Ayu Bony DF., SSTP, M.Si pada Jurnalsumbar.Com, menyebutkan, Pilwana yang berlangaung di tujuh kecamatan itu, yakni di Kecamatan Sumpurkudus, di Nagari Tanjung Bonai Aur.

Kecamatan Koto VII yang melaksanakan Pilwana yaitu Nagari Tanjung dan Nagari Padang Laweh.

Kecamatan Kupitan Nagari Pamuatan di Nagari Batu Manjulur dan Desa Kampung Baru. Di Kecamatan IV Nagari yang melaksanakan Pilwana yaitu Nagari Palangki.

Di Kecamatan Lubuk tarok yang melaksanakan Pilwana yakni di Nagari Kampung Dalam, Latang dan Silongo.

Di Kecamatan Tanjung Gadang yakni di Nagari Sibakur. Sedangkan di Kecamatan Kamang Baru yang melaksanakan Pilwana, yakni di Nagari Sungai Batuang, Nagari Padang Tarok, Tanjung Kaliang, Lubuk Tarantang dan Siaur.

Sebanyak 31.488 warga Kabupaten Sijunjung yang mencoblos calon walinagari pilihannya di 16 Nagari tersebut dilakukan di 99 TPS (tempat pemungutan suara) pada Pilwana yang berlangsung pada Rabu, 7 April 2021 itu.

Pilwana yang berlangsung kondusif itu dilaksanakan dengan mengikuti Prokes (Protokol Kesehatan) Covid-19. Sesuai amanat Permendagri No.72/2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.isu