Kadis Kesehatan Tanah Datar: Disamping Vaksinasi, Yang Penting Lagi Menerapkan Prokes

206

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Aktivitas Vaksinasi covid – 19 yang dicanangkan mulai bulan Februari s.d Minggu ketiga Mei 2021, baru terealisasi terhadap 4.419 orang dari berbagai kalangan.

Kadis Kesehatan kabupaten Tanah Datar Dr Yesrita kepada insan pers, Sabtu(29/5), mengatakan , vaksinasi itu diberikan kepada 1,471 tenaga kesehatan( Nakes ) dengan terget 1.498 orang( 101 persen).

Kemudian kelompok publik termasuk ASN( Aparatur sivil negara) baru terealisasi 2.561 orang( 11,85 persen ) dari target 21.667 orang. Kemudian, kelompok lanjuti usia(Lansia) baru terealisasi 387 orang dari target vaksin 38.116 orang atau 1,02 persen.

Komunitas Nakes, publik dan kelompok Lansia, vaksinasi yang diberikan vaksin Sinovac. Sedangkan untuk kelompok TNI disediakan vaksin Astra Zeneka yang vaksinasinya sudah mulai diberikan di RSU Ali Hanafiah Batusangkar, Selasa (18/5) .

Jatah vaksin untuk Tanah Datar, pemerintah pusat memberikan vaksin Sinovac 3.000 single dose
dan 610 multi dose untuk komunitas,Nakes, publik dan lansia.

Dan vaksin Astra zeneka 490 single dose untuk TNI. Khusus pelaksanaan vaksinasi bagi TNI sudah dilaksanakan mulai selasa, dan berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Disamping vaksinasi, yang paling terpenting lagi adalah memetahui Prokes( Protokol kesehatan ), dengan menerapkan 3M, yaitu, Memakai Masker, Mencuci Tangan pakai sabun dan Menjaga jarak serta menghindari kerumunan, dan satu lagi harus siap sedia dengan hand sanitizer yang bisa dipakai dimanapun berada, kata Dr Yesrita mengakhiri – habede