Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Tanah Datar Dicanangkan Bupati Eka Putra

603

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Para Ibu hamil adalah kelompok rentan terhadap penularan Covid – 19. Diperkirakan separo ibu hamil yang terinfeksi saat ini tidak menunjukan gejala, maka sesuai surat Edaran Dirjen P2P Kementerian Kesehatan tentang vaksinasi Covid bagi ibu hamil saat ini sudah bisa dilakukan.

Demikian diutarakan Bupati Tanah Datar Eka Putra S.E ketika melakukan Pencanangan kegiatan vaksinasi covid 19, Kamis (19/8) bagi ibu hamil di kabupaten Tanah Datar bertempat di puskesmas Tanjungemas.

Disebutkan bupati Eka, sepanjang tahun 2021 di Tanah Datar, ibu hamil yang terpapar Covid berjumlah 94 orang dari 1.611 ibu hamil yang telah dilakukan SWAB PCR ( 5,8 Persen), dan satu warga di nyatakan Meninggal dunia.

Dikatakannya, Vaksinasi Covid dilakukan terhadap ibu hamil yang usia kandungan 13 s.d 33 minggu untuk yang pertama dan vaksinasi yang kedua akan diulang kembali.Ibu hamil bakal divaksin di kabupaten Tanah Datar, sebut Bupati Eka, tercatat 1.750 orang yang tersebar di di 23 wilayah kerja puskesmas.

Memotivasi upaya vaksinasi, Eka meminta semua pihak bekerja sama dengan baik agar ibu hamil dengan usia kandungan 13 – 33 minggu bisa divaksin maksimal. Diharapkan dinas kesehatan, rumah sakit pemerintah, swasta dan jajarannya mampu melaksanakan vaksinasi tersebut.

Sedangkan,Kadis Kesehatan Tanah Datar dr.Yesrita menjelaskan, dari data yang ada sudah banyak ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid, dan tingginya resiko bagi ibu hamil dan bayinya yang terkena covid.

Tingginya resiko tersebut, maka dilaksanakan Vaksinasi covid bagi ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil agar terhindar dari covid ,dan kalau to terkena covid tidak dalam kondisi mencemaskan.

Target vaksin meliputi ibu hamil yang ada di Tanah Datar dengan usia kandungan 13 – 33 minggu.Ibu hamil yang dihadirkan hari ini berjumlah 177 orang berasal dari wilayah kerja puskesmas Tanjungemas, Puskesmas Padangganting dan Puskesmas Pagaruyung.

Kegiatan pelaksanaan pencanangan pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid 19 bagi ibu hamil di Tanah Datar dihadiri Ketua TP PKK Tanah Datar, Direktur RSUD Ali Hanafiah Batusangkar Noferman, Ketua IDI, Kadis PMDPPKB Tanah Datar Nofenril, staf ahli bupati,OPD, Forkopimca Tanah Datar, wali nagari dan jajaran puskesmas Tanjung Emas dan undangan lain – habede