Tim PKM UNP Pimpinan Prof Dedi Hermon-Dinas Pendidikan Pariaman Berkolaborasi Dorong Pengembangan Sekolah Siaga Bencana

210

Workshop tentang pengembangan sekolah menjadi sekolah siaga bencana, di ruang sidang Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Selasa (7/9/2021).

JURNAL SUMBAR | Pariaman – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Padang dan Dinas Pendidikan Kota Pariaman berkolaborasi guna mendorong pengembangan sekolah menjadi sekolah siaga bencana, terutama untuk sekolah SD dan SMP yang terletak di sepanjang pesisir Kota Pariaman.

Ketua PKM UNP Prof. Dr. Dedi Hermon, Selasa (7/9/2021) melalui whatshappnya kepada media ini mengatakan program awalnya adalah mengadakan workshop yang dihadiri oleh semua guru dan kepala sekolah SD dan SMP se-Kota Pariaman.

“Didukung oleh kebijakan Walikota Pariaman, Pak Wali Genius Umar, ini adalah bentuk kecintaan pada perkembangan pendidikan di Kota Pariaman yang beberapa tahun belakangan ini sangat berkembang ke arah pendidikan modern,” ujar Dedi Hermon dalam keterangan tertulis yang diterima di Padang, Selasa (7/9).

Pemko Pariaman melalui Dinas Pendidikan memberikan fasilitas pelaksanaan workshop yang memberikan pemahaman langkah-langkah membangun Sekolah Siaga Bencana (SSB). Diantaranya terciptanya komitmen bersama antar anggota komunitas sekolah dan rencana aksi bersama antara sekolah, komite sekolah, orang tua, dan anak-anak.

Ketua Tim PKM UNP, Dedi Hermon mengatakan bahwa workshop tersebut merupakan upaya membangun budaya siaga dan budaya aman disekolah dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di bidang penanganan bencana.

Selain Dedi Hermon, Tim PKM UNP juga menghadirkan pemateri lainnya yakni Dr. Erianjoni dan Dr.c. Aprizon Putra.

Pada kesempatan itu Erianjoni memaparkan apa itu Sekolah Siaga Bencana (SSB) dan tujuan membangun SSB, serta menjelaskan parameter indikator SSB dan syarat minimal menuju sekolah yang modren dimasa depan.agusmardi