Meriahkan HAB Ke-76, Kemenag Sawahlunto Gelar Khitan Massal, Laporan Raja Paham

282

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Humas-Memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-76, Kementerian Agama Kota Sawahlunto menggelar khitan massal bagi siswa SD/MI, Senin (27/12/2021).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto H. Dedi Wandra mengungkapkan, kegiatan dimotori Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag diikuti 37 orang siswa dari SD/MI yang ada di 4 Kecamatan.

“Kalau masih ada yang mendaftar khitan hari ini tetap kami difasilitasi,” ujarnya.
Selain internal Kemenag serta DWP, turut membantu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto.

“Peserta khitan juga diberi satu helai kain sarung dari wakaf ASN dan uang saku dari sumbangan DWP,” kata Kakankemenag Dedi Wandra.
Tak hanya itu, peserta yang telah dikhitan difasilitasi kendaraan roda empat sampai ke alamat bersangkutan.

“Terimakasih atas dukungan penuh yang diberikan Wali Kota dan Kepala Puskesmas Sungai Durian beserta jajaran,” pungkasnya.

Menurut Dedi, kegiatan sunatan massal perdana kali ini, ditempatkan pada satu titik.
“Insya Allah tahun besok peserta akan ditambah menjadi 3 kali lipat, diselenggarakan di 5 titik,” ulasnya.

Kakankemenag pun mengapresiasi kepala Puskesmas Sungai Durian yang telah membantu bahkan mengutamakan bakti sosial ini di tengah-tengah kesibukan vaksinasi.

Sementara membuka resmi acara, Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kakankemenag beserta jajaran melaksanakan sunat massal dalam rangka membantu masyarakat.

“Sesuai namanya hari amal bakti, kami yakin selain ini Kemenag pun melakukan bakti-bakti dalam bentuk lain dan sinergi ini yang dibutuhkan,” ujar Wako.

Selain merupakan sunah Rasul sebut Wako, pelaksanaan khitan penting bagi kelangsungan reproduksi manusia dan sudah diakui secara medis.

Menutup sambutan, Wako juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua BAZNAS Sawahlunto yang telah hadir dan membantu kegiatan khitan massal Kemenag.fahmi raja paham