Bank Nagari Painan Terbitkan Kartu Debit/ATM untuk Perantau Pesisir Selatan

180

JURNAL SUMBAR | Painan – Guna mendukung pembangunan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan di kampung halaman untuk meningkatkan peran perantau dalam membangun perekonomian, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat yang disebut Bank Nagari menerbitkan produk yang dikhususkan bagi para perantau Rang Pasisia.

Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Helfi Yanrika menjelaskan, kartu tanda anggota PKPS berfungsi sebagai kartu Debit/ATM bagai perantau Pesisir Selatan dimana pun berada. Selain itu, melalui kartu itu para anggota PKPS (atau IKPS-red) sebagai bukti telah ikut berkontribusi dan bersinergi dalam membangun Pessel, negeri sejuta pesona itu.

“Dengan Kartu Anggota PKPS ini para perantau Pesisir Selatan dapat lebih memperluas masyarakat di kampuang halaman untuk mendapatkan kredit dari Bank Nagari, yang juga berfungsi sebagai kartu debit/ATM,” ujar Helfi Yanrika saat memberikan penjelasannya pada pembukaan Mukernas I PKPS Seluruh Indonesia di Gedung Painan Convention Center, Jumat petang (28/1/2022).

Selain itu, Pimpcab Bank Nagari Painan ini dihadapan 150 peserta perwakilan PKPS seluruh Indonesia itu mengatakan selain dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia, ATM Bank Nagari juga telah bisa digunakan beberapa negara di Asia Tenggara.

“Dana yang dihimpun dari perantau, langsung disalurkan ke masyarakat Pesisir Selatan melalui kredit Bank Nagari Painan
,” tukas Helfi Yanrika yang sebelumnya sukses memimpin Bank Nagari Cabang Tapan ini.

Saat ini, di paparkannya, jika seandainya dari 10.000 anggota PKPS yang di seluruh pelosok wilayah Indonesia membuka rekening Rp1 juta saja di Bank Nagari Painan, maka telah terhimpun dana Rp10 milyar yang bisa disalurkan dalam bentuk kredit ke masyarakat Pessel.

Untuk itu, Helfi berharap dukungan dan kerjasama dari semua pimpinan DPC dan DPW PKPS seluruh Provinsi di Indonesia termasuk DPP PKPS agar program Kartu Anggota PKPS melalui Bank Nagari Painan ini terus digulirkan dalam rangka peningkatan penyaluran kredit kepada UMKM.
Desember 2021, Bank Nagari Cabang Painan telah menyalurkan kredit sebesar 1,036 T dengan penghimpunan dana pihak ketiga sebesar 387,1 Milyar.

“Ke depannya, Bank Nagari Painan akan lebih mendukung program Pemerintah Kabupaten Pessel melalui pembangunan perekonomian dan dapat mendorong masyarakat Pessel lebih dekat lagi dengan Bank Nagari yang kita banggakan ini,” tutup Helfi, bankir muda yang bersahaja ini.agusmardi