DPW PKPS Sumbar Sukses Dukung Gelaran Mukernas Pertama

181

Mari Perantau ‘Rang Pasisia’ Merajut Asa Membangun Nagari

JURNAL SUMBAR | Painan – Pimpinan DPW PKPS seluruh Indonesia menatap optimis dalam menyambut tahun 2022. Hal itu terungkap saat digelarnya Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS), yang secara resmi dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar di Painan Convention Center, Jumat (28/1/2022).

Kasus Covid-19 yang terus melandai menjadi sinyal baik bagi DPW PKPS seluruh Indonesia untuk membuat rencana kerja ke depan untuk DPP. Namun sayang dalam catatan serimoni pembukaanya di Painan Convention Center, yang merupakan salah satu gedung pertemuan terbesar di daerah setempat tidak dihadiri Ketum DPP PKPS, Zukhendri Chaniago secara fisik, ia hadir memberikan sambutan secara virtual saja, dengan alasasan tidak lolos tes PCR. Secara keseluruhan acara berjalan sukses karena dukungan penuh DPW PKPS Sumbar.

Dalam kesempatan pembukaan itu, selain dihadiri Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Wabup Pessel, Rudi Iriansyah, Anggota DPRD RI, Lisda Hendrajoni, Anggota DPRD Sumbar, M Yusuf Abit dan utusan DPW dan DPD se-Indonesia. Sedangkan untuk DPW Sumbar saat pembukaan menghadirkan DPC Kabupaten dan Kota Seluruh Sumbar.

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar dalam sambutanya mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya Mukernas di daerah yang dipimpinnya itu.

Disebutkanya Rusma, dengan diselenggarakan Mukernas tersebut ia berharap dapat memperpendek komunikasi antara Pemda dan perantau dimasa yang datang untuk Pessel ke arah yang lebih baik.

“Kami gembira bisa melaksanakan Mukernas di Pessel. Semoga memperpendek komunikasi kita dimasa yang kan datang demi Pessel ke arah lebih baik,” katanya.

Dihadapan perantau, Bupati mengaku tidak bisa membangun Pessel seorang sendiri. Peran serta perantau amat dibutuhkan dalam pembangunan.

“Kami sadar sepenuhnya, kami tak bisa membangun Pessel seorang diri. Sangat diharapkan sumbang saran dan kritik dari perantau untuk menata Pessel ke arah yang lebih baik” jelasnya.

Kata Rusma, bagi perantau yang ingin berinvestasi di Pessel, pihaknya dengan tangan terbuka menyambut hal tersebut.

“Kalau tangan kami terlalu kecil, dengan niruh kami tampung. Itu akan membantu percepatan pembangunan perekonomian di Pessel,” tutupnya sembari membuka acara Mukernas ini secara resmi.

Dengan tema “Merajut Asa Membangun Nagari”, acara tersebut akan berlangsung hingga Minggu, 30 Januari 2022.

Sebelumnya melalui virtual Ketua Umum DPP PKPS Zulhendri Chaniago dalam sambutannya mengatakan, Mukernas dilaksanakan untuk mengevaluasi kerja PKPS selama setahun terakhir dan merancang kerja kedepan.

“Maksud dan tujuan diadakan Mukernas I ini adalah untuk mengevaluasi kerja yang telah dilaksanakan selama setahun yang lalu dan untuk membuat rencana kerja ke depan untuk DPP PKPS yang lebih baik,” kata Zulhendri.

Ia menyampaikan, alasan dilaksanakannya Mukernas di Pesisir Selatan adalah untuk menarik animo masyarakat.

“Dengan banyaknya perantau pulang kampung maka akan membangkitkan ekonomi masyarakat di kampung halaman,” terangnya.

Kami di perantauan, kata Zul, berkomitmen untuk selalu membantu masyarakat yang ada di kampung halaman. “Salah satu komitmen itu ialah dalam Mukernas ini untuk membangun nagari lewat sinergitas perantau dan ranah,” terangnya.

Sementara itu, H Sengaja Budi Syukur Dt Bandaro Jambak yang hadir dan ikut mendukung kesuksesan Mukernas I PKPS ini berharap bahwa tokoh-tokoh Pessel di perantauan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui perannya masing-masing. “Semoga tokoh-tokoh Pessel diperantauan dapat mengambil peran strategis dalam menumbuhkan ekonomi rakyat melalui kepedulianya terhadap kampung halaman.

Budi Syukur berharap DPP PKPS dan segenap jajarannya dalam melaksanakan fungsi dan perannya secara profesional. “Dengan gelaran Mukernas pertama ini, Ketua DPP dan jajaran pengurus dapat mengurus DPD lebih baik lagi dimasa mendatang, sehingga sinergisitas yang diharapkan Pemkab Pessel benar-benar dapat diwujudkan,”pungkas Budi.agusmardi