Disaksikan Kakanmenag, Wawako Sawahlunto Lepas Keberangkatan Jemaah Umroh Biro Travel AET ke Tanah Suci

174

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Wakil Wali Kota Sawahlunto, Sumbar, Zohirin Sayuti, melepas secara resmi keberangkatan jemaah umrah dari biro travel Andalas Education Tours (AET) PT Penjuru Wisata Negeri ke Tanah Suci, Rabu (23/3/2022).

“Ini keberangkatan rombongan pertama yang kita lepas, inilah kelebihan kita, rasa kebersamaan dan kekeluargaan kita di Sawahlunto tinggi, antar biro travel saja tidak ada saling sikut menyikut,” ujarnya di Halaman Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto.

Ia menghimbau jemaah umrah saling bantu membantu dan bekerjasama satu sama lain dalam menjalani ibadah umrah.

“Sekarang endemi, tidak lagi masa pandemi, sudah banyak kelonggaran diberikan seperti tidak ada lagi karantina di sana, mudah-mudahan ini keberuntungan bagi bapak dan ibu,” tutur Mantan Sekdako Sawahlunto itu.

Ditambahkannya, keberangkatan sekarang secara positif memberikan keleluasaan bagi jemaah dalam beribadah karena tidak seramai dari biasa. Hal itu kata Wawako disebabkan masih adanya keterbatasan, kecemasan dan ketakutan masyarakat akibat pandemi Covid-19 selama ini.
“Beruntung berangkat sekarang apalagi memasuki bulan suci ramadan, jika nanti mungkin sudah ramai,” sambungnya.

Selain himbauan fokus beribadah, Wawako berharap jemaah umrah pulang dengan selamat ke Tanah Air.

“Apresiasi terhadap Kemenag karena melepas secara resm jemaah umrahi bahkan setahu kami perdana di Kantor ini,” tutup Zohirin.

Sementara Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto Dedi Wandra mengucapkan terimakasih kepada AET Travel yang telah memberangkatkan jemaah umrah Sawahlunto.

“Disamping regulator, dalam hal ini posisi Kemenag sebagai pengawas, berbeda dengan haji, Kemenag sebagai pelayan, pembina dan pelindung,” terangnya.

Dedi juga mengemukakan alasan kenapa dilepas secara resmi yakni guna memudahkan pengawasan dan pemantauan keberangkatan jemaah umrah oleh Kemenag maupun Pemerintah daerah.

“Sebenarnya sudah ada jemaah umrah berangkat kemaren namun karena kurang komunikasi dan koordinasi tidak banyak yang mengetahui,” ulasnya.

Dedi pun menghimbau jemaah mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi segala peraturan berlaku.

“Semoga umrah lancar, penuh berkah serta mendapat rahmat. Mulai dari sekarang luruskan niat dan ikuti arahan pembimbing umrah (Muthawif),” pintanya.

Komisaris Utama Andalas Education Tour (AET) PT. Penjuru Wisata, Nasution menjelaskan, jumlah jemaah umrah yang diberangkatkan hari ini sebanyak 48 orang ditambah 2 orang petugas.
“Muthawif Ustad Mulyani dari Bengkulu sedangkan Tour Leader Ustad Yusriman Taufik dari Sawahlunto,” ulasnya.

Untuk jemaah umrah Kota Sawahlunto ada 12 orang sedangkan sisanya dari Bengkulu.
Lebih rinci Nasution mengungkapkan, jemaah umrah sebanyak itu akan bergabung hari ini di Jakarta dan besok diberangkatkan langsung ke Madinah dengan menggunakan Pesawat Terbang Lion Air.fahmi