Bupati Sijunjung Harapakan Koperasi Jadi Solusi Dari Ancaman Pinjol Ilegal

387

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung sekaligus sebagai penasehat Dekopinda, Benny Dwifa Yuswir harapkan Koperasi bisa menjadi solusi dari ancaman pinjol ilegal dan ancaman pinjam 4 bayar 6 dalam tempo yang saingkat.

Selain itu, Ia berharap adanya upaya untuk menggalakkan kembali koperasi di kalangan masyarakat, termasuk melibatkan pemerintah apabila ada koperasi yang mengalami masalah.

Hal tersebut di ungkapkan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir saat membuka Rapat Kerja Daerah(Rakerda) Dekopinda Kabupaten Sijunjung 2022 di Hotel Bukik Gadang, Jumat (25 November 2022).

Dikatakan Bupati Benny, Koperasi merupakan lembaga keuangan yang paling sesuai dengan karakteristik masyarakat , yang mengedepankan azas kekeluargaan sesuai dengan UUD.

Pembiayaan berbasis komunitas seperti koperasi sangat cocok buat masyarakat kita di Sijunjung. Karena berbasis komunitas,”tambahnya.

Sijunjung kaya akan sumber daya alam, untuk itu mari bersama-sama kita ambil dan kita manfaatkan potensi yang ada di sijunjung, Baik sektor Pariwisata maupun sektor UMKM dan lain sebagainya,”katanya.

Tidak ada alasan untuk tidak bekerja, tidak kerjasama dan membangun kolaborasi dalam meningkatkan kemajuan koperasi,”tegasnya.

Ketua Dekopinda Sijunjung, Muchlis Anwar mengatakan , Kehadiran Bupati saat Kegiatan Rakerda Dekopinda Kabupaten Sijunjung 2022 menjadi satu sinar kehidupan untuk koperasi yang selama ini matisuri.

Karena kehadiran beliau ini akan memberikan semangat bagi peserta Rakerda dalam upaya memajukan koperasi ,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rizal Efendi menjelaskan kegiatan ini diikuti Ketua-ketu Koperasi yang ada di Sijunjung dan pengurus Dekopinda Sijunjung.

Rakerda ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut pasca Pelantikan ddn
pengukuhan pengurus Dekopinda Sijunjung beberapa waktu yang lalu yang bertujuan untuk menyusun program dan rencana kerja Dekopinda sijunjung lima tahun kedepan.

Sehingga lebih fokus dan dapat menjadi mitra yang saling melengkapi dengan OPD terkait, disamping itu agar lebih focus juga sebagal mediator gerakan koperasi baik dengan pemerintah maupun pihak ketiga lainnya.

Selain itu untuk mewujudkan eksistensi koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi baik secara kedaerahan maupun secara nasional, sesuai dengan semangat undang undang Dasar 1945 pasal 33.

Turut Dihadiri Wakil ketua Dekopinwil Sumbar, Syafirman beserta jajaran Kepala OPD terkait, dan undangan lainnya.rilis