Dr. Ir. H. Basril Basyar, MM Lantik Pengurus PWI Sawahlunto di Meer Von Kandi Heritage

Basril Basyar; Harus segera rekrut anggota muda, supaya tidak ada lagi paradigma bahwa anggota PWI itu orang-orang tua saja

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Dr. Ir. H. Basril Basyar, pada Kamis (16/3/2023) melantik secara resmi pengurus PWI Kota Sawahlunto.

Prosesi pelantikan itu menindaklanjuti laporan panitia Konfercab PWI Sawahlunto yang digelar pada Sabtu 25 Februari 2023 lalu.

Alek PWI Sawahkunto tersebut digelar di area wisata Meer Von Kandi Heritage, milik H. Jaswandi (Wakil Ketua DPRD Sawahlunto).

“Seluruh tempat penyelengaraan kegiatan ditanggung haji Wan. Kami ucapkan terimakasih pak haji,”kata Amin Praticno salahseorang pengurus PWI Sawahlunto kepada Jurnalsumbar.Com, mengutif sambutan panitia.

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) PWI Sumbar nomor: 11.01/SK/PWI-SB/III/2023 tentang pengesahan susunan pengurus PWI Sawahlunto periode 2023-2026.

Dalam SK yang dibacakan oleh Wakil Sekertaris PWI Sumbar, Lailatul Aidil, berikut susunan pengurus PWI Kota Sawahlunto periode 2023 – 2026;

Ketua:
Indra Yosef Datmy, SH,
Sekretaris:
Anton Saputra
Bendahara:
Alamsyah Halim
Seksi Wartawan Olahraga:
Riki Yuherman
Seksi Organisasi:
Amin Pratikno dan Rina Yosefin, SP. 

Selain kepengurusan PWI, dalam kesempatan itu juga sekaligus dilaksanakan pelantikan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) untuk peeiode yang sama.

Berikut struktur kepengurusan IKWI Kota Sawahlunto yang dilantik langsung oleh Ketua IKWI Sumbar, Dra. Hj. Iva Tureyza Idroes, yakni ;

Pembina:
Ketua PWI Kota Sawahlunto
Ketua:
Ny. Fanda Kristina Indra Yosef
Sekretaris: Ny. Ida Laila Subandi
Bendahara:
Ny. Dinna Yulia Tumpak
Bidang Organisasi, Umum dan Humas:
Ny. Nelly Herawati Anton
Bidang Pendidikan, Budaya dan Agama: Ny. Endang Risnawati Amin, S.Pd
Bidang Kesejahteraan & Kesehatan:
Ny. Yosi Hartati Riki, AMKG Bidang Ekonomi & Koperasi:
Ny. Leni Suyenti Nova.

Epi

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Kepala BNN AKBP. Erlis, Kepala Lapas Narkotika Kelas III Rommy Waskita Pambudi, Danramil 01/SWL Mayor Caj (K) Tuti Andayani, Kasubsi A Bidang Intelijen Kejari Sawahlunto Arief Hidayat, jajaran Forkopimda Sawahlunto, Perwakilan BUMN, Ketua MPC Pemuda Pancasila Renaldi Syaputra, Ketua KAN Kubang, serta puluhan anggota PWI daerah tetangga.

Usai melakukan pelantikan, Basril Basyar yang didampingi sejumlah pengurus PWI Sumbar, diantaranya Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Zul Efendi, Wakil Ketua Bidang Organisasi Sawir Pribadi dan Wakil Sekretaris Lailatul Aidil, meminta pada Ketua PWI Sawahlunto untuk segera melakukan rekruitmen anggota baru, sehingga ada regenerasi.

“Harus segera rekrut anggota muda, supaya tidak ada lagi paradigma bahwa anggota PWI itu orang-orang tua saja,” tandasnya.

Untuk itu, lanjut bang BB panggilan akrab Basril Basyar, sekali lagi saya minta kepada Ketua PWI yang baru dilantik untuk sesegera mungkin merekruit anggota muda.

Lebih jauh, dihadapan para tamu undangan Bang BB juga menyampaikan tentang pentingnya Uji Kompetensi Wartawan atau UKW, sebagai sarat standarisasi profesi Wartawan dari Dewan Pers.

“Pak Wali, Uji Kompetensi Wartawan ini timbal balik. Kalau wartawan itu cerdas, maka tulisannya juga cerdas, dan bisa memberikan masukan serta mengkritisi kebijakan-kebijakan dari pada Pemerintah Kota Sawahlunto,” sebutnya.

Jadi, imbuh Bang BB, pelaksanaan UKW itu adalah mutlak dan harus dilaksanakan.

“Saya minta kepada pak Walikota untuk dapat membantu kawan-kawan wartawan yang ada di Sawahlunto untuk melakukan UKW,” pintanya.

Untuk itu, imbuh Bang BB lagi, saya himbau kepada teman-teman yang belum melakukan UKW, untuk segera melakukannya.

Sementara Nova Hendra selaku panitia kegiatan senada sambutannya dengan Ketua PWI Kota Sawahlunto, Indra Yosef Datmy, yakni menyampaikan ucapan terimakasihnya pada seluruh mitra PWI Sawahlunto yang telah membantu atas terselenggaranya kegiatan-kegiatan PWI Sawahlunto, mulai dari kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, hingga terselenggaranya pelantikan pengurus PWI Sawahlunto. ap/key/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.