Aman, Damai, Tertib, Kondusif dan Sukses: Pemko Sawahlunto Dukung dan Fasilitasi Sepenuhnya Pilkades Serentak 2023

1190

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Pemerintah Kota Sawahlunto mendukung dan menfasilitasi sepenuhnya perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Tiga Kecamatan yang ada dikota Sawahlunto. Ada sembilan desa menyelenggarakan pemungutan suara dalam Pilkades serentak, di 35 TPS, Rabu 17 Mei 2023. Adapun sembilan desa tersebut, yakni Desa Taratak Bancah, Desa Silungkang Oso, Desa Silungkang Tigo, Desa Kubang Utara Sikabu, Desa Pasar Kubang, Desa Talawi Hilir, Desa Sikalang, Desa Salak dan Desa Tumpuak Tangah.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengapresiasi suskesnya penyelenggaraan Pilkades serentak kali ini. Dia juga berharap usai Pilkades masyarakat dapat mendukung sepenuhnya Kades terpilih.

“Usai pesta demokrasi Desa ini, tentu semua masyarakat untuk kembali bersatu mendukung yang terpilih, sehingga pembangunan Desa dapat berjalan dengan baik. Biduak lalu Kiambang batauik,” ujar Deri Asta.

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, menyebut, Pemko Sawahlunto mendukung penuh penyelenggaraan Pilkades serentak yang langsung, umum, bebas, rahasia dan adil dengan mengawasi regulasi-regulasi dalam pemilihan sehingga dapat berjalan baik.

“Kami sangat mengapresiasi kepada pihak Polres Sawahlunto dan Kodim 0310/SSD yang ikut mendukung keamanan dan ketertiban seluruh tahapan Pilkades serentak sehingga berjalan aman dan damai,” ucapnya.

Selain itu pihaknya, juga telah menekankan kepada PPKDes bersama seluruh unsur lain yang terlibat agar menjalankan fungsinya dengan optimal. Kita berharap Pilkades yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat terwujud.

“Untuk mencapai itu adalah tugas kita bersama, tidak bisa hanya satu pihak atau satu unsur saja yang bekerja. Untuk itu seluruh tahapan Pilkades agar dapat diumumkan dan disosialisasikan kepada masyarakat agar publik dapat mengetahui dan ikut mengawasi proses demokrasi itu,” katanya

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMD PPA) Kota Sawahlunto Efriyanto merinci jumlah TPS di Kecamatan Silungkang sebanyak 11 TPS, kemudian Kecamatan Lembah Segar sebanyak enam TPS dan Kecamatan Talawi sebanyak 18 TPS.

Sementara Kapolres Sawahlunto, AKBP Purwanto Hari Subekti mengungkapkan, Pilkades serentak berjalan aman, aman, tertib, lancar dan kondusif.

” Polri sebagai fungsi pemerintahan di bidang Harkamtibmas, Penegakan hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada masyarakat berkewajiban untuk mengamankan jalannya Pilkades di kota Sawahlunto, sehingga Pilkades tersebut terlaksana sukses, aman, tertib dan lancar,” terangnya

Pilkades sebut Kapolres, merupakan perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat desa untuk memilih Kepala Desa.

“Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Berikut hasil Pilkades serentak di sembilan Desa, yakni Desa Tumpuak Tangah Kades terpilih Rudi Guslianto, Desa Talawi Hilie Fauzil Misbah Tompua Sakti. Desa Salam Jeri Rizal Desa Sikalang Lambang Wicaksono. Desa Pasa Kubang Mukhlis, Desa Kubang Utara Sikabu Yulhendri Efendi, Desa Taratak Bancah Arben, Desa Sikungkang Oso Ferdinal dan Desa Silungkang Tigo Nelly Evita. pariwara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here