Sawahlunto dan Tanah Datar Kerja Sama Garap Budidaya dan Pemasaran Komoditi Pangan dan Perikanan

252

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Pemko Sawahlunto dan Pemkab Tanah Datar melakukan Perjanjian Kerjasama tentang pendampingan pengembangan budidaya dan pemasaran komoditi pangan dan perikanan. Perjanjian Kerjasama itu ditandatangani oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Bupati Tanah Datar Eka Putra, di Balaikota setempat.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyebut tujuan kerjasama itu untuk meningkatkan kewenangan maupun program kerja, terkhusus dalam bidang pangan dan perikanan.

“Selama ini pasokan kebutuhan komoditi pertanian di Sawahlunto memang didatangkan dari daerah tetangga termasuk Tanah Datar. Untuk itu kerja sama ini hadir memberikan kita keleluasaan untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dalam mengelola komoditi pertanian antar daerah,” kata Deri Asta.

Menurut Wako Deri Asta, tidak hanya pada bidang pertanian, untuk memaksimalkan potensi lainnya seperti wisata harus ada kerjasama antara beberapa daerah terutama yang jaraknya berdekatan.

“Potensi wisata kita yang begitu besar termasuk Tanah Datar, namun kendala akses jalan yang menghubungkan kedua daerah yang tidak begitu baik sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto enggan ke Tanah Datar, dan begitu sebaliknya. Inilah salah satu hal yang bisa kita kerjasamakan ke depan sebagai usaha memajukan bidang pariwisata kedua daerah,” terang Wako Deri Asta.

Sementara Bupati Eka Putra mengatakan, sektor pertanian merupakan sektor andalan Tanah Datar didalam menangani inflasi daerah dengan memanfaatkan potensi di sektor pertanian, yaitu peningkatan produksi dan hilirisasi bawang merah dan cabe merah membawa Tanah Datar menjadi TPID berprestasi wilayah Sumatera tahun 2021 di ajang TPID award 2022 beberapa waktu lalu. Kiy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here