Sawahlunto Desak Pemerintah Pusat Percepat Bentuk Badan Pengelola WTBOS

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Walikota Sawahlunto meminta Pemerintah Pusat mempercepat pembentukan Badan Pengelola (BP) Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS). Pasalnya usai Empat tahun Sawahlunto ditetapkan sebagai kota warisan dunia UNESCO, WTBOS belum memiliki badan pengelola, yang semestinya sudah rampung pada 2020 lalu.

Hal itu disampaikannya saat Menerima Kunjungan kerja Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristekdikti Irini Dewi Wanti, Senin (17/7/2023) lalu.

“WTBOS belum dapat maksimal dikelola, sebab jika hanya Pemko saja secara kewenangan, anggaran dan kebijakan tentu sangat terbatas. Untuk itu kami mendesak Pemerintah Pusat agar segera membentuk Badan Pengelola,” pinta Zohirin.

Epi

Melalui Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristekdikti, Zohirin juga berharap dapat menyampaikan suara dari Sawahlunto agar pemerintah pusat mempercepat pembentukan badan pengelola WTBOS ini.

Menanggapi hal itu, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Irini Dewi Yanti menyampaikan pihaknya akan melakukan penguatan dan pemberdayaan ekosistem kebudayaan di lingkungan WTBOS.

“Kami akan mendukung WTBOS ini sesuai dengan kewenangan kami di Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Budaya. Jadi sekarang tahap awalnya dimulai dengan perumusan terlebih dahulu, untuk itulah kami datang langsung meninjau ke Sawahlunto,” jelasnya.Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.