Rombongan KSP 8 Negara dan 5 Provinsi Kunjungi Tanah Datar

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Kunjungan Perwakilan Negara dan lima Provinsi di Indonesia dalam aktivitas Knowledge Sharing Program (KSP) Project Enhancing of MCH Program and the Implementation of MCHHB in the era of Decentralization, Rabu (13/9/2023) di aula kantor Bupati Tanah Datar di Pagaruyung.

KSP merupakan  program berbagi pengetahuan melalui penyebaran ide, pengalaman ataupun kelebihan lokasi yang di kunjungi untuk berkemungkinan bekerjasama, dan Project Enhancing of MCH Program and the Implementation of MCHHB in the era of Decentralization merupakan Proyek Peningkatan Progam KIA dan Implementasi KIA Era Desentralisasi.

Program KIA adalah upaya bidang kesehatan meliputi pelayanan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, kesehatan bayi dan balita, kesehatan anak usia sekolah dan remaja serta pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan lain-lain.

Eka Putra menyampaikan terimakasih dan apresiasi menjadikan Tanah Datar menjadi lokasi kunjungan KSP perwakilan 8 Negara.Pemerintah daerah Tanah Datar melalui dinas kesehatan telah melaksanakan pelayanan kesehatan dengan baik, terlihat pada  pencapaian target kinerja SPM bidang kesehatan.

Epi

Penurunan jumlah kematian ibu, kematian bayi. Begitupun angka prevalensi stunting terjadi penurunan dari angka 21,5 persen menjadi 18,9 persen, SSGI 2022 sebesar 18,9 persen, diharapkan angka 14 persen  tahun 2024 bisa diraih, imbuh Eka.

Dikatakannya lagi, pelaksanaan program kesehatan dilakukan dengan membuat inovasi dan saling berkolaborasi dengan masyarakat serta pihak, yakni, TP PKK lewat kelompok Dasawisma sembari menyebutkan,melalui Dasawisma Mawar 16 di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas ada beberapa inovasi yang dilaksanakan, diantaranya Kelas Ibu Balita Stunting, Martabak Sikia singkatan Mari Kita Bersama Membaca Isi Buku KIA, Manjalita singkatan Makan Bajamba Anak Balita dan Pendekar Cinta singkatan Pendampingan Ibu Hamil oleh Kader Terencana dan berkualitas.Itu bisa bapak dan ibuk lihat langsung di lokasi Dasawisma.

Bupati Eka Putra mengajak perwakilan 8 Negara dari Kamboja, Kenya, Laos, Madagaskar, Tajikistan, Thailand, Vietnam dan Timor Leste dan juga perwakilan lima provinsi bersama seluruh rombongan menikmati keindahan alam dan mengunjungi destinasi wisata unggulan di Tanah Datar Luhak Nan Tuo .

Eka berharap rombongan  menikmati keindahan alam Tanah Datar Puncak Aua Sarumpun, Nagari Tuo Pariangan Nagari terindah  dunia, dan jangan lupa ke Istano Basa Pagaruyung sekaligus berharap, KSP yang dilaksanakan mampu memberikan manfaat kepada kedua belah pihak yang akan di tindaklanjuti dengan  kerjasama.

Pada kesempatan itu turut serta  menyampaikan pesan dan kesan Joko Tulodo mewakili rombongan Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Sekretariat Negara sekaligus dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Dandim 0307 Letkol Czi Sutrisno, Waka Polres Tanah Datar, Pengadilan Negeri Batusangkar, Pengadilan Agama Batusangkar, Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Kepala OPD dan undangan – habede.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.