Sempat Minta Donasi di Medsos, Bayi Hanifa Dirujuk ke Padang dengan Fasilitas BPJS Kesehatan

402

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Setelah sempat menjalani perawatan di RSUD dr. M Zein Painan, Hanifa Kania Alzezia, bayi berusia 6 bulan akhirnya dirujuk ke Padang. Korban lakalantas yang terjadi Minggu, 18/02, di Lunang.

Menurut Direktur RSUD dr. H. Fahriza, M.Kes, korban mengalami cedera kepala dan untuk perawatan lebih lanjut pihak keluarga minta dirujuk ke RS Yos Sudarso, Padang.

“Kami rujuk ke Padang, agar dapat perawatan yang lebih intensif” ujarnya didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan.

Sebelumnya juga beredar khabar bahwa pasien tidak memiliki BPJS, sehingga Bupati Rusma Yul Anwar memerintahkan Dinas Kesehatan untuk mengurus.

“Dari informasi yang beredar, keluarga korban tidak memiliki BPJS dan kemudian meminta donasi dimedsos” sebut Intan Novia Fatma, Plt Kadinkes Pessel.

Terkait BPJS setelah ditelusuri ternyata korban peserta aktif BPJS yang bersumber dari APBD Kab. Pesisir Selatan.

“Alhamdulillah korban memiliki kepesertaan BPJS (PBI, APBD) dan masih aktif” lanjut Intan.

Namun, terkait kecelakaan yang terjadi, maka keluarga korban juga sedang melakukan pengurusan asuransi.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar meminta OPD terkait untuk serius memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Utamanya masyarakat tak mampu.

“Sejak awal saya sudah minta Dinas Kesehatan dan RSUD untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat tak mampu” sebut Bupati.

Sebutnya, jangan sampai ada pasien yang terlantar hanya karena persoalan administrasi.

“Namun, dihimbau kepada masyarakat untuk membekali diri dengan BPJS, tidak fair juga, karena kelalaian atau enggan mengurus, lalu membangun narasi yang menyalahkan” ujar Bupati.

Sekedar informasi bahwa bidang Kesehatan menjadi misi Bupati Rusma Yul Anwar, disamping bidang Pendidikan dan Bidang Ekonomi.

Untuk menunjang misi ke 3 bidang tersebut maka sebagian besar porsi anggaran diarahkan untuk maksimalisasi program tersebut. (Wendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here