Rutan Batusangkar Over Kapasitas, Tiga WC Diantri 115 Warga Binaan

851

JURNALSUMBAR | Batusangkar – 57 orang narapidana dan anak menerima remisi dalam aktivitas HUT RI ke – 74 sekaligus diserahkan langsung Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Sabtu (17/8) bertempat di rutan Klas II B Batusangkar.

Dalam kesempatan itu, Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan dengan pemberian remisi diharapkan seluruh warga binaan pemasyarakatan selalu patuh dan taat kepada hukum berlaku.

Menanggapi kondisi rutan Batusangkar dewasa ini,bupati mengatakan  Pemda Tanah Datar bersama DPRD Tanah Datar telah menyiapkan tiga lokasi untuk pembangun rutan baru, dan itu menanti persetujuan tim Kemenkumham. ” Lokasi itu sedang kita bebaskan “, sebut Irdinansyah.

Seterusnya, Kepala Rutan Batusangkar Wiwid Feryanto R menyebutkan kondisi Rutan (Rumah Tahanan ) Kelas IIB Batusangkar sudah over kapasitas. Warga binaan saat ini 115 orang dengan kapasitas hanya 35 orang.

Sebenarnya, tutur Wiwid, kasus kriminal yang ada membutuhkan Rutan berkapasitas 505 orang, diisi 115 orang, sisa 390 orang warga binaan dipindahkan ke Rutan luar daerah.

Rutan tua memiliki delapan kamar itu , satu kamar untuk perempuan hanya punya satu wese, sisanya wese umum berjumlah tiga kamar yang mesti diantri 115 warga binaan.

Dari sekian kasus Warga Binaan yang ditangani rutan Batusangkar 40 persen terlibat Narkoba, 25 persen Perlindungan Anak, 10 persen Pencurian, dan sisanya 25 persen kasus tindak pidana lain. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here