Emma Yohana Ajak Generasi Muda Apresiasi Perjuangan RA Kartini

1074

JURNAL SUMBAR | Padang — Nama Kartini semakin mengabadi dalam lagu Ibu Kita Kartini. Dulu waktu sekolah dasar biasa sering dinyanyikan sesaat sebelum pulang. Lagu itu diciptakan oleh W.R. Supratman, yang juga menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Kita mesti meneladani sikap Ibu Kartini, yang tidak menelan mentah-mentah apa yang didapatnya, semua perlu diverifikasi. Sikap seperti ini penting bagi kita, terlebih di era media sosial, dimana tangan lebih cepat dari otak, sehingga hoax laksana jamur di musim penghujan,” ujar Emma Yohana, Anggota DPD Ri asal Sumbar ini, Rabu (22/4) ketika diminta komentarnya tentang soso RA Kartini.

Dikatakannya, kurang lebih 60 puluh tahun setelah pejuang gender itu meninggal, melalui surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964 Presiden Soekarno menetapkan Raden Ajeng Kartini sebagai Pahlawan Nasional.

“Kalau ekpresi saya di Hari Kartini dalam suasana Covid-19 adalah sikap keteguhan dan pantang menyerah dari sosok Pahlawan Nasional itu perlu diteladni,” ujar Emma Yohana, anggotda DPD RI dua periode ini.

Ditambahkannya, generasi muda bangsa Indonesia mesti mengenang perjuangan RA Kartini yang telah menginspirasi perempuan seluruh penjuru tanah air. (Agusmardi)