Diserahkan Wabup Sijunjung, 26 Keltan Terima Bantuan Alsintan

172

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 26 Kelompoktani (Keltan) se-Kabupaten Sijunjung menerima bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari pemerintah pada Rabu (7/9/2022) bertempat di Muaro Sijunjung.

Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt bersama Ketua Komisi V DPRD Propinsi Sumatera Barat H. Daswanto, SE menyerahkan langsung bantuan Alsintan tersebut sebanyak 26 unit kepada 26 Keltan.

26 Alsintan yang diserahkan ini bersumber dari APBD Propinsi Sumbar tahun 2022 merupakan Alsintan pra panen terdiri dari 18 unit traktor roda dua 6,5 PK, 4 unit traktor roda dua 9,5 PK, 3 unit cultivator, dan 1 unit traktor roda dua 8,5 PK.

“Kita selalu berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan kita harapkan kelompoktani lebih bersemangat lagi dalam mengolah lahannya, kemudian kita haruskan kehadiran tiga orang untuk setiap kelompoktani penerima bantuan agar tercipta transparansi dalam setiap kelompoktani” ujar Ketua Komisi V DPRD Propinsi Sumbar H. Daswanto, SE dalam kata sambutannya.

Sementara itu Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt dalam sambutannya pada penyerahan Alsintan ini mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah propinsi Sumbar.

“Kekuatan ekonomi kita adalah pertanian, mari kita manfaatkan Alsintan ini dan kita garap lahan kita seoptimal mungkin sehingga produktivitas usaha pertanian kita meningkat” Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt menyampaikan dalam sambutannya.

“Melalui APBD Kabupaten Sijunjung kita juga merealisasikan sebanyak 1.333 orang sebagai penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan di sektor keagamaan dan sektor pertanian dan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kita” lebih lanjut Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt melanjutkan.

“Bersama Bupati Sijunjung Bapak Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si kita sangat fokus terhadap masyarakat, sehingga anggaran sebesar 5,4 milyar lebih pun telah kita setorkan untuk membantu pembiayaan pendidikan anak-anak kita yang menempuh sekolah ditingkat SLTA sebanyak 9.070 orang se-Kabupaten Sijunjung” ungkap Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt menambahkan.

“Kemudian Universitas Negeri Padang (UNP) yang telah membuka perkuliahan melalui Departemen Agroteknologi di Muaro Sijunjung adalah wujud untuk memajukan sumber daya manusia di Kabupaten Sijunjung” ujar Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt mengakhiri sambutannya pada penyerahan bantuan Alsintan kepada 26 Keltan hari ini. gun