Sudah Diberi Pelatihan, Nakes Tanah Datar Siap Suntikan Vaksin Corona ke Masyarakat

474

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Menaanti kehadiran Vaksin Covid – 19 di Kabupaten Tanah Datar, 24 orang tenaga kesehatan  (Nakes) sudah mulai diberi pelatihan bagaimana cara menginjeksikan vaksin nantinya.

Kadis Kesehatan Tanah Datar Dr Yesrita mengatakan kepada Insan pers, Sabtu(12/12) pelatihan 24 orang nakes itu dari 23 Puskesmas yang ada di Tanah Datar dan ditambah satu nakes dari dinas kesehatan Tanah Datar.

Pelatihan terssbut, ucap Yesrita, diberikan secara virtual dengan nara sumber dari Kementerian Kesehatan RI dan diteterima langsung melalui TV dan  Gawai masing-masing partisipan dan di tempatnya masing-masing. ” Selesai pelatihan, para peserta akan mengajarkan ilmunya kepada teman-teman yang lain,” katanya.

Mengenai jenis vaksin, berapa jumlah dan apakah membayar, belum diperoleh informasi  dari pusat, ucap Yesrita. ” Sikap kita bersipat menunggu dan menerima keputusan pemerintah pusat.Yang jelas kita sudah  memulai dengan mengadakan pelatihan sekaligus menyiapkan nakes yang siap menginjeksikan Vaksin  bagi masyarakat yang membutuhkan,” sebut Yesrita.

Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt Bungsu menyambut baik akan hadirnya vaksin untuk mengantisipasi wabah Covid yang berjangkit di mana-mana saat ini, terutama Tanah Datar Luhak Nan Tuo. Khusus Tanah Datar dewasa ini telah mencapai akumulasi kasus konfirmasi positif 743 orang.

Akumulasi kasus konfirmasi, ujar Dt Bungsu memang mencemaskan, setiap hari ada saja penambahan. Dan belum ada tanda-tanda akan berakhir. Way outnya untuk menghentikan penyebaran Covid satu-satunya cara adalah memberikan Injeksi Vaksin kepada masyarakat.

Karena belum jelas, kapan vaksin covid akan diterima pemerintah daerah Tanah Datar, maka Dinas kesehatan mengadakan pelatihan bagi 24 nakes yang saat ini masih berlangsung. Begitu vaksin diterima, para nakes terlatih ini siap melaksanakan tugas menginjeksikan vaksin kepada masyarakat.

Sambil menunggu, Dt Bungsu terus mengajak masyarakat tetap mematuhi Protokol kesehatan( Prokes ) dentan menerapkan 3M, yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Menjaga jarak – habede