Masyarakat Nagari Api-Api Bayang Pessel Ikuti Bimtek Kesiapsiagaan Hadapi Gempa dan Stunami

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Padang — Upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengadapi bencana gempa bumi dan tsunami ini kembali dilaksanakan di Kenagari Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang Pesisir Selatan dengan melibatkan pemuka nagari dan masyarakatnya serta para siswa SD 38 Api-api.

“Sedikitnya seratusan masyarakat Kenagarian Api-api telah dibimbing kesiapsiagaannya untuk menghadapi gempa bumi dan tsunami,” kata Syafriani, PhD, Ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Padang (UNP) untuk Bimbtek tersebut , Selasa (10/12).

PERANTAU SIJUNJUNG

Ia menjelaskan, kegiatan bimbingan teknis ini merupakan kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNP dengan Program Studi Sarjana Fisika dan Program Studi Magister Fisika, yang diikuti guru dan murid kelas IV, V, dan VI.

“Program ini langsung ditujukan ke msyarakat dengan kegiatan berupa presentasi, diskusi dan simulasi tentang hasil-hasil penelitian terakhir tentang sifat-sifat fisika dari gempa bumi dan Tsunami, parameter-parameter gempabumi seperti kecepatan gelombang gempa dan kekuatan gempabumi, Proses terjadinya Tsunami, ” jelas Syafriani yang didampingi Dr. Hamdi.

Sementara itu Hamdi lebih rinci mengatakan Bimtek itu dilaksanakan dua tempat itu selain sosialisasi, juga mendistribusian poster-poster tentang mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi dan tsunami, sedangkan di akhir kegiatan, dibuatkan peta evakuasi berbasis ilmu Fisika khusus untuk daerah sasaran pengabdian masyarakatini. Sehingga dengan kegiatan ini, diharapkan peningkatan pemahamam masyarakat terhadap bencana gempabumi yang bisa diikuti oleh terjadinya tsunami, mengingat daerah ini berada di pingir pantai, masyarakat siap menghadapi bencana gempabumi dan tsunami. Dengan demikian, masyarakat bisa tenang dan jika terjadi korban dapat diminimalisir. (Agusmardi/Humas UNP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.