Di Tengah New Normal Pandemi Covid-19, SMP Nurul Ikhlas Gelar Webinar

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Batusangkar — Merespon kegiatan belajar di rumah saja yang diterapkan oleh pemerintah, tak terkecuali bagi SMP Nurul Ikhlas, Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas,menyelenggarakan Webinar bertajuk “Pembelajaran Berbasis Literasi Menuju New Normal Pendidikan” pada Senin, (30/6) melalui aplikasi telekoferensi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui Youtube SMP Nurul Ikhlas Channel.

“Pada Webinar yang kami gelar tak hanya memberikan informasi tertulis, juga berlangsung sharing informasi untuk meningkatkan produktivitas pendidik bagi peserta didiknya dalam bidang literasi dan pengaplikasian melalui IT pada saat pandemi saat ini,” ujar Kepala SMP Nurul Ikhlas, Delfi Ariandi, MPd saat diwawancarai, Rabu (1/7).

Menurut Delfi Ariandi, saat Webinar berlangsung merupakan cara yang efektif bagi para pelajar maupun pendidik untuk menambah pengetahuan baru dan explore new things.

“Masa pandemi yang mengharuskan semua orang, termasuk pelajar untuk beraktivitas di rumah saja, terasa lebih dimudahkan karena adanya kemajuan teknologi. Teknologi yang paling berpengaruh di bidang pendidikan saat ini adalah Internet. Internet memungkinkan para pengajar SMP Nurul Ikhlas untuk berupaya memberikan materi pembelajaran tanpa harus bertemu langsung. Pengajar dapat menguggah materi pembelajaran untuk kemudian di-akses oleh para pelajar,” terangnya

PERANTAU SIJUNJUNG

Dikatakannya, SMP Nurul Ikhlas, Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas, dalam Webinar tersebut difokuskan pada pembahasan isu Literasi dalam mendukung optimalisasi pendidikan di masa pandemi. Tema ini sengaja dipilih karena saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan berat, yakni pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Webinar yang bisa dilihat via Zoom dan disiarkan secara live streaming melalui Youtube SMP Nurul Ikhlas Channel ini,” paparnya.

Sementara nara sumber yang aktiv menyampaikan pokok-pokok pikirannya diantaranya adalah Riswandi MPd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, dengan tema Literasi Pendidikan Sekolah Menuju Tatanan Normal Baru; dan Dr Supratman Zakir, Wakil Dekan III FTIK IAIN Bukittinggi, dengan tema : Penggunaan Literasi Digital Di Dunia Pendidikan Berbasis IT Menuju New Normal.

Webinar dihadiri oleh guru-guru dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan masyarakat umum lainnya. (Agusmardi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.